0

5 Posisi Bersepeda yang Benar untuk Mengatasi Rasa Pegal

5 Posisi Bersepeda yang Benar untuk Mengatasi Rasa Pegal

by : Wahyu Kurniawan


Posisi yang tidak tepat dalam melakukan aktivitas bersepeda terkadang memiliki risiko terhadap munculnya rasa pegal dan kelelahan yang maksimal pada tubuh kamu. Untuk itu kamu harus dan wajib mengetahui bagaimana cara mengatur posisi bersepeda yang benar.


Untuk kamu ketahui, sebenarnya, selain salah dalam melakukan posisi, rasa lelah dan pegal yang dialami tubuh kamu saat bersepeda juga dikarenakan kurangnya pemanasan serta stamina yang kurang fit. Sementara faktor posisi yang terkadang kuran mendapat perhatian dari para pesepeda.


Cara mengatasi lelah saat bersepeda

Sebelum lebih jauh membahas tentang posisi bersepeda yang benar, kamu juga harus mengetahui beberapa strategi saat bersepeda agar kamu tidak cepat lelah, terutama bagi kamu sering bersepeda jarak jauh dengan intensitas tinggi.


Agar jangan sampai kelelahan yang berakibat buruk terhadap tubuh kamu, beberapa cara atau strategi bisa kamu lakukan agar kondisi tubuh kamu tetap terjaga dengan baik saat bersepeda. Pertama, siapkan kondisi tubuh dengan prima. Lalu aturlah penggunaan gigi sepeda sebaik mungkin. Ubah posisi badan saat bersepeda. Atur pernapasan dengan baik. Minum tiap satu jam perjalan. Jangan beristirahat terlalu lama. Terakhir, jangan terlalu banyak membawa barang.


Inti dari bersepeda baik itu jarak jauh maupun dekat adalah kamu memilih dan menggunakan jenis sepeda yang tepat. Jangan terlalu diporsir saat bersepeda. Ketahui juga kondisi tubuh kamu dahulu sebelum bersepeda.


Posisi bersepeda yang ideal

Setelah membahas secara singkat tentang menghindari kelelahan saat bersepeda, berikut beberapa posisi yang tepat bila kamu ingin bersepeda, khususnya pesepeda dengan intensitas tinggi, agar kamu badan kamu terhindar dari rasa pegal.


1. Posisi tubuh

Bila diperhatikan secara umum posisi tubuh yang kamu perlu lakukan adalah tergantung pada kecepatan dan trek yang kamu libas. Contohnya saat bersepeda dalam kecepatan tinggi atau tanjakan, tubuh kamu harus membungkuk. Sedangkan untuk trek menurun, punggung dalam posisi tegak. Namun begitu, posisi bersepeda yang benar juga harus memperhatikan geometri frame, ketinggian seatpost, panjang stem, model handlebar ataupun jenis sepeda.


2. Posisi kepala

Posisi kepala yang benar saat bersepeda adalah dengan mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk oleh lengkungan punggung. Kamu harus mengusahakan agar leher berada dalam kondisi rileks. Pandangan tetap ke depan dan fokus terhadap kondisi jalan.


3. Posisi bahu

Untuk posisi bahu yang perlu kamu lakukan adalah dengan memposisikannya mengikuti alur yang dibentuk tangan dan punggung. Hal ini dilakukan agar saat mengayuh bahu kamu dalam keadaan rileks sehingga nyaman dan tidak mudah capek.


4. Posisi tangan

Posisi tangan juga mempengaruhi kondisi tubuh kamu saat bersepeda. Saat bersepeda, lengan harus tertekuk sedikit, jangan terkunci. Pastikan tumpuan beban mengayun terasa di handlebar agar beban pada bahu dan punggung berkurang.


5. Posisi kaki

Agar kaki kamu tidak cepat pegal dan lelah, maka yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan posisi kaki dengan kayuh atau pedal sepeda. Jika satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Gunakan bagian depan telapak kaki saat mengayuh pedal agar kecepatan kayuhan kamu stabil dan tenaga yang dikeluarkan lebih efisien.


Itu tadi beberapa posisi yang harus kamu lakukan saat bersepeda agar tidak cepat pegal. Yang terpenting kamu harus mengusahakan kondisi tubuh kamu nyaman saat bersepeda. Jangan sungkan untuk bertanya kepada pesepeda andal untuk bertukar informasi terkait posisi sepeda. Selamat mencoba!


Bila anda membutuhkan perlengkapan bersepa seperti baju dan pedding sepeda silahkan menghubungi marketing kami !


Artikel Rekomendasi


Tulis Komentar